Beri Pemahaman Pentingnya Publikasi, Diskominfo Gelar Workshop Branding Kinerja OPD


 2024-10-29 |  Desa Talang

Nganjuk, PING-  Guna meningkatkan pemahaman tentang pentingnya publikasi dan branding kinerja pemerintah daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nganjuk menyelenggarakan Workshop Branding Kinerja Perangkat Daerah di Ruang Rapat Anjuk Ladang, Senin (28/10/2024).

Nampak hadir yakni, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Bidang Statistik dan PIKP, Kepala Bidang Aptika, Kepala Seksi, Pranata Humas Ahli Muda, serta seluruh admin publikasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Nganjuk.

Dalam sambutannya, Plt Kepala Dinas Kominfo Nganjuk, Sujono, menuturkan bahwa Dinas Kominfo memiliki tiga bidang utama yakni, informatika, persandian, dan statistik. Ia menekankan bahwa tugas Dinas Kominfo tidak dapat berjalan sendiri, dan memerlukan sinergi antar-OPD untuk memberikan edukasi kepada masyarakat melalui publikasi.

“Apa yang telah kita lakukan dan kita kerjakan perlu disampaikan kepada masyarakat. Kami memfasilitasi branding kinerja perangkat daerah untuk membangun citra positif pemerintah Kabupaten Nganjuk,” ungkap Sujono. Ia berharap upaya mereka dapat memberi manfaat dan menjadi ibadah bagi masyarakat Nganjuk.

Sementara itu, Kabid Statistik dan PIKP, Hari Purwanto, menyampaikan materi mengenai pentingnya branding kinerja serta monitoring isu publik. Ia menegaskan bahwa publikasi di era digital saat ini harus dioptimalkan dengan memanfaatkan website, media sosial, dan platform lainnya untuk mem-branding kinerja pemerintah. “Kami menggerakkan dan memotivasi seluruh admin OPD agar menciptakan konten variatif di setiap website yang telah dibangun oleh Dinas Kominfo,” jelasnya.

Kabid Hari juga memaparkan bahwa hingga kini, Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk telah membangun 284 website, termasuk 264 website desa dan 20 website OPD. Meski mengakui bahwa pembuatan konten publikasi bukan hal yang mudah, Hari mendorong setiap admin untuk belajar membuat konten sesuai kaidah jurnalistik.

Menurutnya, branding yang baik dapat membangun citra positif layanan publik suatu pemerintahan, memperkuat daya tarik, serta berfungsi sebagai alat pengendali pasar. “Branding dan marketing harus sejalan, itulah yang perlu dimunculkan di setiap website OPD,” ujarnya.

Melalui workshop ini, diharapkan seluruh OPD di Kabupaten Nganjuk semakin termotivasi dalam membuat konten publikasi yang efektif, kreatif, dan berkesan, sehingga mampu memperkuat citra positif layanan publik Kabupaten Nganjuk.

Lebih lanjut, acara dilanjutkan dengan penyampaian informasi tentang beberapa lomba yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan oleh Diskominfo Nganjuk. Pertama, ketentuan pendaftaran dan indikator penilaian Awarding SP4N-LAPOR dan PPID OPD se Kabupaten Nganjuk, yang disampaikan oleh Kasi Pranata Humas Ahli Muda Diskominfo Nganjuk, Arif Wahyudi. Kedua, ketentuan lomba Nganjuk Informatif Award (NIA) 2024 OPD se Kabupaten Nganjuk oleh Kasi Pranata Humas Ahli Muda Diskominfo Nganjuk, Hanis Ary Wibisono.

Sebagai informasi, lomba SP4N-LAPOR Award dan PPID Award penilaiannya dipantau mulai tanggal 1 Januari-30 September 2024. Sedangkan untuk NIA 2024 pendaftaran dan pelaksanaan lomba dimulai sejak hari ini 28 Oktober-13 November 2024, pemenang akan diumumkan pada 21 November 2024 pada Awarding NIA 2024 mendatang.

Berikut link pendaftaran NIA 2024 : https://s.id/NIA2024